Pantai Ngurbloat a.k.a Pantai Pasir Panjang

by - Desember 15, 2017

Provinsi Maluku adalah negeri seribu pantai-pantai yang indah. Dari pantai berbatu karang hingga pantai dengan pasir terhalus ada di negeri ini. Pada bulan Juli kemarin saya berkempatan untuk mengunjungi salah satu kabupaten di Provinsi Maluku. Guess what?? yep, Kabupaten Maluku Tenggara yang beribukota di Tual. Ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Tual. Perjalanan menuju Tual ditempuh dalam waktu 1 jam 25 menit menggunakan pesawat terbang. Sekarang penerbangan menuju  Tual dapat menggunakan pesawat jenis Wings Air dan Garuda Indonesia dengan frekuensi terbang sekitar 2x sehari. Harga normal untuk kedua penerbangan ini berkisar 1 hingga 1,2 juta rupiah. Bulan juli adalah saat musim penghujan di Provinsi Maluku, cuaca sedikit mendung dan hujan ketika saya tiba di Bandara Karel Satsuitubun Langgur.

Kami memesan sebuah hotel di dekat bandara. Nama hotelnya adalah Grand Vilia sebuah hotel yang terbilang baru di Langgur. Harga semalam berkisar antara 400 hingga 500 ribu untuk kamar president suit. Kalian bisa cek di link ini untuk informasi kamar dan pemesanannya http://www.grandviliahotel.com/

Hari berikutnya, saya melakukan sedikit pekerjaan pada pagi hari dan baru memiliki waktu istirahat sekitar jam 1 siang. Cuaca di langgur sedikit mendung tetapi tidak hujan. Teman saya mengajak untuk jalan-jalan ke Pantai Ngurbloat atau yang terkenal dengan Pantai Pasir Panjang. Perjalanan ke Pantai Ngurbloat dapat ditempuh sekitar 30-45 menit menggunakan mobil. Satu yang saya suka tentang langgur adalah jalannya yang lurus dan rata. Biaya masuk ke Pantai Ngurbloat adalah 20.000 rupiah saja. Pantai Ngurbloat memiliki panjang sekitar 5 Km dari Desa Ngingof hingga ke Pantai Ngursamadan di Desa Ohilir, Kabupaten Kei Kecil. Saya pribadi adalah pecinta pantai dan telah melihat berbagai macam jenis pantai tetapi menurut saya Pantai Ngurbloat ini adalah salah satu yang terindah di Provinsi Maluku. Pantai Ngurbloat ini mendapat gelar Pantai dengan Pasir Terhalus se-Asia versi majalah National Geography. Saya sendiri sudah membuktikannya dan mengakui bahwa gelar itu pantas disematkan pada Pantai Ngurbloat. Ingin rasanya berlama-lama dan berenang menikmati pantai itu, tetapi saya hanya memiliki sedikit waktu. Saya bersyukur sempat mengabadikan beberapa foto yang entah kenapa payah sekali anglenya.

Pantai Ngurbloat juga menyediakan penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap. Ada beberapa homestay dari kayu jika Anda ingin tinggal di daerah ini. Seperti Evalin Philips Homestay dan Coaster Cottage tersedia dekat pantai. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Ngurbloat adalah antara bulan September hingga Februari, karena selama bulan-bulan ombak yang relatif lebih tenang dan iklim yang menyenangkan.

Sekian cerita jalan-jalan saya kali ini. Pastikan untuk menjaga pantai bersih dengan tidak membuang sampah. See you... 😊