Antara Bahasa Inggris, Lagu dan Ingatan

by - Agustus 06, 2017

Berbicara mengenai Nahasa Inggris, Lagu dan kemampuan mengingat apakah ketiganya berhubungan? Yep, sangat berhubungan. Saya termasuk seseorang yang dapat mengingat dengan jelas setiap lagu dalam bahasa inggris yang pertama kali dinyanyikan oleh guru saya ketika duduk di bangku Sekolah Dasar Kelas 3. Akan saya ceritakan sedikit mengapa saya begitu mencintai bahasa asing ini.

Bahasa Inggris...
Well, awal ketertarikan saya dengan bahasa inggris adalah ketika saya berumur 7 tahun. Suatu siang kakak sepupu saya menyanyi mengikuti sebuah lagu bahasa inggris di TV, saya kebetulan ada disitu itulah pertama kali saya terpukau akan seseorang yang bisa menyanyikan lagu bahasa asing tanpa teks. Didalam hati saya berjanji suatu hari nanti akan menyanyikan juga lagu bahasa inggris itu tanpa teks. Dan Voila... saya dipertemukan dengan seorang guru bahasa inggris yang menyenangkan di SD. Beliau mengajarkan banyak lagu anak-anak yang saya masih ingat sampai sekarang lirik lagunya. Saya jatuh cinta dengan bahasa inggris. Dan selalu memiliki nilai paling tinggi di kelas dari SD hingga SMA. 

Lagu...
Saya adalah pecinta lagu. Saya meyukai berbagai jenis genre musik. Pop, Jazz, Klasik, Reggae, Keroncong, Sinden Jawa, Dangdut, Melayu hingga Instrumental. Dari Lagu Sewu Kutonya Mas Didi Kempot sampai Instrument Moonlight Sonatanya Om Mozart. Masih terkait dengan bahasa inggris saya mencoba untuk menghafal lirik lagu bahasa inggris sejak SD dan selalu bertambah setiap tahun lagu yang saya hafalkan hingga sekarang. Saya tidak bisa mengingat berapa jumlah lagu yang berhasil saya hafalakan dalam kurun waktu 19 tahun itu. Mungkin ratusan. Dan saya masih mengingat semua lagu itu hingga sekarang. Apakah saya akan tetap mengingatnya sampai tua? We'll see...
Saya adalah seseorang cepat mengingat jika sesuatu dibuat dalam lagu. Seperti pada waktu SMA saya menghafalkan unsur periodik kimia mengunakan lagu. Dan saya masih mengingatnya hingga sekarang. 

Ingatan...
Saya sering berpikir betapa hebatnya otak manusia itu bisa mengingat berjuta memori. Tuhan Maha Besar. Saya selalu takjub dengan cara kerja otak manusia, saya pernah membaca dan menonton video tentang cara kerja otak, sel demi sel yang sambung menyambung, neuron demi neuron. Bagaimana saya dapat mengingat semua ratusan lirik lagu itu. 

Alhamdulillah atas semua karunia ini Tuhan...


You May Also Like

0 comments