Memotret Makro Menggunakan Kamera HP

by - Desember 14, 2016

Hai...hai...😄
Aku ingin menunjukkan beberapa foto makro yang aku ambil waktu hunting kemarin. Aku pernah posting foto makro juga sebelum ini tapi memakai kamera DSLR, dan sekarang aku mencoba memakai kamera HP. Kamera HP yang aku pakai adalah tipe Microsoft Lumia 640 LTE dengan Lensbong tanpa tripod. Menggunakan focal length 3mm dan ISO-64, foto-foto dibawah ini aku retouch sedikit memakai Photoshop CS3, retouch yang aku lakukan hanya sebatas menaikkan contrast, brightness dan expossure. Tanpa banyak kata lagi let's check it out the photos down below... 











Did you enjoy my photographs?? lumayanlah untuk pemula 😆 aku masih terus belajar menyempurnakan untuk memotret makro menggunakan HP. Sedikit tips untuk memotret makro adalah...

1. Buat dirimu fleksibel. Atau dirimu harus tahan untuk nunduk-nunduk dalam waktu lama. 
Karena memotret makro menggunakan HP sedikit lebih susah daripada memakai kamera DSLR. Lebih susahnya adalah ketika memakai DSLR kita tidak perlu sangat dekat dengan objek lensa dari kamera DSLR sudah cukup untuk mengatasi miss focus. Sedangkan jika memakai Kamera HP kita perlu sangat dekat sekali dengan objek sekitar hanya 1 cm dari objek. Dan itu bikin punggung pegal-pegal karena nunduk-nunduk terus. Belum lagi jika sering miss focus, wah bakalan nunduk lebih lama lagi untuk nyari focus. Ingatlah bahwa foto makro objek tidak boleh blur.

 2. Lensa tambahan adalah wajib jika kamu ingin hasil foto yang lebih bokeh pada background dan jelas pada objek.

3. Carilah background yang bagus sebelum kamu memotret. Cobalah untuk mencari bentuk bokeh yang bagus untuk background seperti pada fotoku yang nomer 3. 

4. Harap memakai pakaian lengan panjang dan celana panjang.
Absolutely yes. Karena kita bakalan berjibaku dengan semak-semak dan rumput-rumput yang bikin gatal dan bentol-bentol. 2 jam hunting makro sukses bikin tanganku merah dan bentol-bentol 😆😆

5. Jangan lupakan komposisi Rule Of Third

Yakk... cukup sekian cuap-cuap panjang lebarku semoga bermanfaat bagi kalian yang baru berminat memotret makro menggunakan kamera HP. Ingatlah bahwa "Photography is not always about gear" 
jadi manfaatkanlah apapun gear yang kamu punya dan teruslah berkarya. See you on the next post  😊





 

You May Also Like

1 comments